Ketikan Artikel yang Kamu Cari Di Kolom Bawah Ini

Tv Tabung LG Gambarnya Redup

Televisi LG CF15F80N Gambar Gelap

Diagnosa

Televisi LG CF15F80N jika kita hidupkan hasil gambar yang ditampilkan pada layar monitor sangat gelap serta tidak fokus sedangkan untuk fungsi audio dalam keadaan baik-baik saja.

Model Televisi LG :



Apakah yang meyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Pencahayaan yang ada pada televisi ini didapat dari playback, Pada playback terdapat screen serta fokus yang keduanya terhubung ke CRT. Untuk mengetahui letak kerusakan yang terjadi pada televisi ini bisa kita adakan pengukuran tegangan out screen untuk CRT, disini kita gunakan multitester dengan batas ukur 250 VDC. Hasil pengukuran kita dapatkan tegangan screen berada di level 100 volt, jika kita coba putar screen yang ada di body playback tetap tidak ada perubahan.

Posisi pin screen di CRT tampak pada gambar berikut :



Apakak terjadi kerusakan di playback-nya sehingga terjadi drop tegangan screen-nya ? Untuk memastikan lebih lanjut bisa kita lepaskan kabel output untuk Fokus CRT. Dalam keadaan kabel screen dan fokus terlepas kita hidupkan televisi-nya dan kita ukur hanya untuk tegangan screen out ? Hasil yang kita dapatkan tegangan screen berada di lebel 140 dan jika kita putar maksimum kita dapatkan hasil 250 volt.

Dari hasil ini sudah bisa pastikan playback masih dalam keadaan baik, jadi ada penyebab lain sehingga terjadi masalah ini. Soket CRT ternyata yang membuat tegangan output screen menjadi drop, sebenarnya bukan pada bagian Screen-nya melainkan pada bagian Fokus. Telah terjadi lompatan tegangan serta perubahan fisik soket yang membuat output fokus playback menjadi drop, dengan drop output fokus berimbas juga pada output screen-nya.

Perbaikan untuk ini kita tinggal mengganti soket CRT, dan untuk model ini sangatlah praktis karena menggunakan auto klip untuk kabel screen dan kabel fokus. Tampilan soket CRT televisi LG ada pada gambar berikut :



Setelah selesai kita adakan penggantian soket CRT-nya kini kita coba hidupkan televisi kembali ? Tunggu sebentar dan hasilnya alhamdulillah gambar pada layar monitor telah normal kembali.

sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-lg-cf15f80n-gambar-gelap/




Komentar

  1. Kalau yang begini OSD nya bagaimana Hu? Masih terang atau ikut redup?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerusakan Tv Tabung LG Disebabkan Ada Kapasitor yang Bermasalah

Kerusakan Tv Tabung LG Disebabkan Ada Nilai Resistor yang Molor

Kumpulan Solusi Perbaikan Tv LCD/LED LG dengan Cara Jumper Tegangan