Ketikan Artikel yang Kamu Cari Di Kolom Bawah Ini

Kerusakan Tv Tabung LG Disebabkan Ada Bagian yang Terbakar

Televisi LG RT43NA27RB Tidak Ada Gambar Dan Suara
Diagnosa

Televisi LG jika kita coba hidupkan cuma terdengar seperti suara jangkrik, Suara tersebut tak lama kemudian menghilang. Menghilang suara karena televisi kembali ke mode standby, jika kita coba kembali hidupkan televisi hasilnya tetap sama seperti semula.

Model televisi LG :




Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki.

Sebelum kita mulai pemeriksaan, berikut ini tampilan mainboard televisi LG :




Sesaat setelah kita buka kita melihat adanya komponen yang telah terbakar letaknya pada bagian pengaturan Yoke Defleksi. Akibat kejadian ini komponen sama sekali tidak terlihat bentuknya secara fisik apalagi untuk melihat kode nilainya. Dengan keadaan seperti ini membuat kita agak kerepotan, masalahnya kita mesti mengadakan percobaan untuk mendapatkan nilai komponen yang mengalami kerusakan.
Jika kita lihat dari mainboard memang bisa dipastikan komponen yang digunakan, yaitu capasitor serta resistor. Disini kita mesti mengetahui nilai kedua komponen tersebut supaya televisi bisa berfungsi seperti sedia kala. Hasil pemeriksaan kita dapatkan ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan diataranya :


  1. Capasitor 22nf/1 kv
  2. Resistor 2,2 / 1 watt
  3. Transistor 2SD2059
  4. Capasitor….. hangus
  5. Resistor ……..hangus

Untuk 3 komponen masih dalam kondisi baik secara fisiknya jadi mudah kita dapatkan penggantinya, sedangkan 2 komponen yang secara fisik sudah tidak bisa dilihat nilainya maka kita coba adakan percobaan. Agak panjang kalau diuraikan disini jadi kita berikan hasil akhirnya saja. Komponen pengganti untuk capasitor yang hangus kita beri nilai 1nf/2kv sedangkan untuk resistor yang hangus 56o?.
Posisi letak kerusakan bisa kita lihat pada gambar berikut :




Setelah kita adakan penggantian dua komponen yang hangus beserta 3 komponen lainnya kini kita coba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah televisi sudah kembali hidup dengan normal.

sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-lg-rt43na27rb-tidak-ada-gambar-dan-suara/2/




Baca juga:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerusakan Tv Tabung LG Disebabkan Ada Kapasitor yang Bermasalah

Kerusakan Tv Tabung LG Disebabkan Ada Nilai Resistor yang Molor

Kumpulan Solusi Perbaikan Tv LCD/LED LG dengan Cara Jumper Tegangan