Ketikan Artikel yang Kamu Cari Di Kolom Bawah Ini

Kerusakan Tv Tabung LG Disebabkan Ada Kapasitor yang Bermasalah

1. LG super slim mati protek dan raster (gambar) jadi melebar

KASUS :

  • LG super slim 21” datang dengan kasus pesawat mati protek setelah hidup beberapa detik (raster belum sempat menyala).


TINDAKAN AWAL :

  • Analisa awal berdasarkan pengalaman pada LG superslim – jika protek umumnya disebabkan karena B+ OCP (over current protector) aktip bekerja.
  • Untuk mengurangi agar arus B+ - maka kami coba turunkan dulu tegangan screen
  • Dan ternyata pesawat menjadi  tidak protek lagi – Tetapi setelah muncul gambar terlihat bahwa RASTER JADI MELEBAR”.
  • Kami amati lagi dengan lebih seksama – Nampak bagian pinggir tidak bengkok.......maka kesimpulan kami masalah bukan pada sirkit EW.


SOLUSI ACHIR :

  • Untuk memudahkan analisa dan tindakan selanjutnya yang akan kami lakukan, maka kami buka dulu file skematik diagram model LG slim.
  • Hasil analisa bedasarkan skematik tersebut – maka  kami  menduga kemungkinan problem disebabkan pada sirkit tambahan yang umumnya diketemukan pada teve tabung slim yang dinamakan sirkit “INNER”. Yaitu sirkit yang menghubungkan antara def yoke dengan kaki flyback  pin-INNER. Disitu umumnya terdapat beberapa coil tambahan serta beberapa kapasitor milar tambahan yang mempunyai tegangan rendah (sekitar 400 atau 630v).
  • Langsung saja kami cek nilai semua kapasitor milar dengan kapasitan-meter…….dan hasilnya ada sebuah milar yang nilainya turun menjadi sangat kecil sekali.

Alhasil setelah penggantian milar yang rusak……gambar langsung menjadi normal…….dan yang lebih melegakan lagi ketika VR screen kami kembalikan seperti adjustmen semula…….pesawat tidak mati protek lagi.



***************************

Catatan :
Jika sirkit EW berfungsi untuk mengkoreksi cacat EW  yang menyebabkan gambar pada bagian pinggir kiri-kanan layar jadi bengkok pada layar normal flat.  Maka sirkit INNER berfungsi untuk mengkoreksi cacat gambar bengkok pada bagian layar yang sedikit agak ketengah  yang menjadi  sedikit agak bengkok pada layar flat supler slim.



2. Pengalaman dengan LG ultra slim transistor horisontal rusak terus
Dalam waktu yang hampir bersamaan kami terima LG ultra slim 21” dengan problem yang hampir sama.

  1. Seorang konsumen menjelaskan bahwa tevenya pernah dibawa ke sebuah bengkel, tetapi karena teknisi kesulitan maka isinya diganti dengan  mesin china. “Kami merasa sangat kecewa dengan hasil gambarnya”, cerita selanjutnya,  “mesin aslinya sudah pernah diganti flybak  dan transistor horisontalnya sudah menghabiskan beberapa buah,  tetapi tetap gagal service”. Dibawa dan ditunjukkannya pula  pcb asli, flyback yang pernah diganti, beberapa bekas transistor horisontal yang rusak dan remote kontrol asli. Singkat ceritera konsumen tersebut menginginkan agar bisa dibantu supaya pcb asli dapat digunakan lagi.
  2. Seorang teknisi lain punya kasus yang sama. Setiap kali transistor horisontal dipasang baru maka selalu langsung rusak. Diagnosa pertama jatuh pada flyback, tetapi ketika flyback sudah ganti hasilnya tetap sama. Diagnosa selanjutnya mengarah ke def yoke.  Ketika pergi ketoko spare parts untuk mencari def yoke dia sempat menceriterakan masalahnya kepada pemilik toko. Pemilik toko yang sudah sangat kenal baik dengan kami menyarankan agar membawa saja tevenya ke tempat kami, sipa tahu bukan def yokenya yang rusak karena kalau diamati def yoke yang dibawanya untuk contoh tersebut tidak ada yang nampak gosong atau terbakar.

Dari kedua kasus diatas setelah kami kerjakan ternyata penyebab adalah sama, yaitu kapasitor resonant yang lokasinya pada bagian kolektor transistor horisontal-out nilainya menurun drastis sehingga hampir nol (normal nilai 183pF/2000v).
Mungkin LG model-model ultra slim ini tidak memiliki x-ray protektor. Sebab kalau ada x-ray protektor biasanya akan aktip bekerja jika nilai kapasitor resonant berubah menurun sedikit saja.


Mengambil hikmah dari kasus diatas maka saran kami kepada setiap teknisi wajib :

  • Memiliki kapasitor-meter atau AVO-meter yang mempunyai fasilitas untuk pengukuran kapasitor.
  • Jangan lupa untuk setiap kali memeriksa nilai kapasitor resonant jika ada kasus transistor horisontal sering rusak.



* Artikel penyebab transistor horisontal-out mati seketika saat teve dihidupkan (baca)








Komentar rekan teknisi

  • Betul sekali Pak Marsono pengalaman itu saya dapat waktu saya masih kerja di SC Jakarta ada 6 cashis yang dikirim dari Banjarmasin dari ke 6 chasis tersebut keluhannya sama yaitu setiap di pasang TR horisontal dalam hitungan detik TR itu langsung paeh (bhs sunda mati). Awalnya kecurigaan pada flyback tapi satelah flyback saya ganti tidak ada perubahan akhirnya saya langsung tertuju pada nilai "C" resonannya yang langsung terhubung degan colector. Alhasil setelah penggantian"C"tersebut chasis menjadi normal kembali ,trimaksih dan salut buat Pak Marsono yang telah membagikan ilmu dan pengalamannay untuk kemaslahatan  (awanda noviani -wds)
  • Ya betul sekali Pak Marsono,penyebab utama langsung m@k thuusss....nya transistor horizontal pada tv LG Slim memang dari kapasitor tersebut, saya juga pernah sampai kebobolan mengganti transistor horizontalnya hehhehe....... (aisy romadhona)


sumber: http://marsonotv.blogspot.com/2010/10/pengalaman-dengan-lg-ultra-slim.html


3. LG slim-fit 29” raster “breathing” (kembang-kempis)


Hari ini dapat kasus yang termasuk baru pertama jumpa. LG slim-fit 29” dengan problem raster “Breathing” atau “kembang-kempis” yang cukup parah.

Jika background gambar menampilkan warna gelap seperti hitam atau biru, maka raster akan mengecil (secara vertikal maupun horisontal). Sebaliknya saat menampilkan gambar dengan background warna terang (putih) raster akan mengembang (blooming) sehingga tulisan “logo” stasiun pemancar hilang tidak nampak. Problem makin parah jika adjustment kontras ditambah besar.




  • Pertama kami berpikir mungkin tegangan B+ yang preblem. Dan kami cek ternyata tegangan B+ ok.
  • Mungkin problem pada bagian EW drive amplifier pikir kami. Kami cek tegangan-tegangannya nanpaknya juga ok.
  • Lama kami pandangi skema bagian horisontal-out maupun sirkit EW drive, sambil memikirkan kira-kira apa yang perlu diperiksa lagi.
  • Achirnya kami putus untuk mencoba-coba saja (goblok-goblokan istilah arek suroboyo). Ukur saja semua kapasitor-kapasitor pada bagian horisontal out maupun sirkit EW. Cabut satu demi satu untuk diperiksa nilai kapasitansinya.
  • Ketika tiba giliran melepas C407 (seperti gambar dibawah), ternyata kapasitornya saja yang lepas (lolos), tapi  kaki-kakinya tetap menempel tersolder pada main-board. Entah hal ini disebabkan karena kapasitor rusak atau karena menyoldernya kepanasan.
  • Setalah kapasitor dapat kami carikan penggantinya – pesawat langsung kami coba – dan hasilnya…………ternyata OK banget.
  • Beresssssss........dan puas rasanya.
  • Tapi dengan rasa panasaran. Mungkinkah  kapasitor C407 nilainya open? Biasanya kalau open akan menyebabkan transistor horisontal-out langsung jebol. Atau nilainya sedikit menurun?





 sumber: http://marsonotv.blogspot.com/2011/06/lg-slim-fit-29-raster-breathing-kembang.html


4. LG flat raster (gambar) kembang-kempis


KASUS :


  • LG 29” flat sehabis diganti transistor horisontal (C6090)
  • Gambar (raster) tidak stabil kembang-kempis (horisontal dan vertikal kadang melebar kemudian kembali normal lagi)



SOLUSI :


  • Memperhatikan kasus awal, yaitu mengapa C6090 rusak ???…… maka ”kemungkinan ada penyebabnya”
  • Rumus pertama (terutama merk LG) jika menjumpai transistor horisontal rusak adalah : Periksa kapasitor damper, dimana dalam hal ini adalah C406 dan C407 (lihat gambar)menggunakan kapasitan meter untuk mengetahui mungkin nilainya ada yang berubah turun (mengecil)




  • Ternyata setelah C407dilepas secara visual   bodinya nampak mengembung, tetapi nilainya jika diukur sepertinya masih bagus.
  • Setelah penggantian C407 ……….masalah langsung lenyap……dan dirunning beberapa lama teve tetap tidak masalah lagi/



Catatan tambahan : Pengalaman menunjukkan bahwa,


  • Kerusakan kapasitor damper kadang hanya merusakan Diode damper D403 bagian atas saja
  • Tetapi kadang juga ikut merusak transistor EW.


sumber: http://marsonotv.blogspot.com/2012/10/lg-flat-raster-gambar-kembang-kempis.html


5. LG slim 21 raster nyalanya menciut


KASUS :


  • LG slim
  • Raster (bagian layar yang menyala) - nyalanya menciut atas-bawah, kiri-kanan



SOLUSI :


  • Cek tegangan B+ normal
  • Saat dihidupkan pertama kalau diperhatikan terdengar suara “kretek” seperti tegangan tinggi anode over.
  • Cek nilai kapasitor milar 123/2000v - ternyata nilai menurun tinggal separuhnya.
  • Setelah penggantian kapasitor, raster langsung normal



TEORI :


  • Jika kapasitor damper transistor horisontal-out nilainya menurun, maka tegangan-tegangan keluaran dari flyback akan naik semua, termasuk disini tegangan anode.
  • Tegangan anode yang bertambah besar mengakibatkan kecepatan elektron dari katode ke anode (layar) menjadi bertambah besar. Dengan bertambah besarnya kecepatan elektron ini mengakibatkan daya untuk membelokkan elektron defleksi vertikal maupun horisontal bertambah sulit, sehingga akibatnya raster menjadi menciut atas-bawah, kiri-kanan.
  • Sebaliknya tegangan anode yang drops (disebabkan kerusakan diode penyerah tegangan tinggi flyback). Akan meyebabkan kecepatan sinar elektron makin lemah. Akibatnya pembelokan defleksi vertikal dan horisontal makin mudah. Dan akibatnya raster akan mengembang (blooming), bertambah lebar atas-bawah, kiri-kanan
  • Makin turun nilai kapasitor damper, maka tegangan induksi pada kolektor transistor horisontal makin besar, dan dapat mengakibatkan transistor horisontal jebol jika tidak kuat menahannya.


sumber: http://marsonotv.blogspot.com/2014/05/lg-slim-21-raster-nyalanya-menciut.html


6. LG slim - raster atau layar kadang membesar
LG slim 21/29 inch.

  • Problem layar atau gambar kadang “membesar” arah vertikal maupun horisontal



Solusi :

  • Cek NILAI semua kapsitor milar tegangan ratusan volt yang ada disekitar flyback.
  • Biasanya ada salah satu yang nilainya berubah mengecil.


sumber: http://marsonotv.blogspot.com/2015/08/lg-slim-raster-atau-layar-kadang.html


7. Televisi LG Flat Mati-Total

Diagnosa

Televisi LG jika kita hidupkan terdengar suara cuit-cuit dari dalam televisi sedangkan gambar tidak tampak pada layar monitor-nya

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Pemeriksaan kita mulai dengan mengukur jalur B+ dengan menggunakan multitester, gunakan batas ukur x10 tempelkan prob merah pada ground sedangkan prob hitam pada B+ nya. Hasil yang kita dapatkan posisi B+ dalam keadaan shot itu kita lihat dari hasil pengukuran multitester. Untuk memastikan letak kerusakan segera kita lepaskan transistor horizontal dari mainboard.

Setelah kita cek ternyata  transistor horizontal-nya memang sudah dalam kondisi konslet, Segera kita adakan penggantian transistor horizontal. Setelah transistor terpasang kita coba hidupkan televisi-nya? televisi tetap tidak mau hidup dan transistor pengganti kembali shot. Dengan kejadian ini memberi kita sinyal bahwa Playback mengalami kerusakan.

Televisi merk LG yang menggunakan playback 7164-6006h sering terjadi kerusakan pada bagian output tegangan tingginya ( HV out ). Untuk mengetahuinya kita ukur saja dengan multitester 10 k antara output tegangan hv-nya dengan ground” Biasanya kalau playback normal hambatannya tak terhingga sebaliknya kalau playback rusak hambatannya jadi beberapa ohm saja.

Hasil pengukuran playback kita dapatkan playback dalam kondisi shot, jadi langsung kita lepaskan playback yang rusak dan segera kita pasangkan playback baru berikut transistor baru, setelah kita coba kembali hidupkan televisi-nya ? hasilnya televisi LG sudah kembali normal.

Tambahan.
Beberapa waktu lalu , ketemu lagi pasien televisi LG super slim dengan kondisi Matot/mati-total setelah diperiksa ternyata transistor horizontal-nya rusak , sempet kepikiran playback-nya rusak juga.Coba kita tes Playback, hasilnya Playback bagus ‘ maka coba cek lagi di bagian Horizontal dimana ada beberapa komponen Capasitor dan Dioda . Hasi dari pengecekan ternyata komponen Capasitor 18 nf/2kv mengalami kerusakan.Segera kita ganti selanjutnya kita tes, alhamdulillah televisi sudah bisa hidup lagi.

Dalam satu waktu kita dapet pasien kembar{samaan} dua dua-nya merk LG ,secara logika pasti problemnya sama . Ada perbedaan ternyata , transistor yang di gunakan adalah C6090 maka kita ganti dengan yang sama persis, untuk televisi LG yang pertama tidak ada masalah , kalau televisi di hidupkan panas yang dikeluarkan dari transistor C6090 konstan. Sebaliknya pada televisi LG yg kedua tidak berlaku alias suhu pada transistor C6090 cenderung makin naik setelah di nyalakan selama 15 menit televisi langsung mati total. Kita coba cari solusi lain untuk kasus seperti ini, transistor C6090- nya kita ganti dengan D2580 selanjutnya televisi kita hidupkan, Alhamdulillah temperatur D2580 konstan, televisi sudah kembali normal.

sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-lg-flat-mati-total/



8. Televisi LG 21FU2AD Mati-Total

Diagnosa

Televisi LG mengalami kerusakan sama sekali tidak hidup alias mati-total, jika kita coba hidupkan cuma terdengar suara nyit-nyit dari dalam televisi.

Model televisi LG:



Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki.

Dari bunyi yang di keluarkan dari dalam televisi itu sudah memberi tanda adanya komponen yang konslet, kerusakan umumnya berada di bagian tegangan B+ untuk Playback. Untuk mengetahui letak persisnya bisa kita ukur beberapa komponen yang terkait dengannya , yaitu :


  1. Transistor 2SC6090 hasil pengukuran kita dapatkan dalam keadaan konslet. Kita gunakan prinsip Dioda yaitu pengukuran dengan multitester tidak boleh bolak-balik.
  2. Capasitor 18nF/2KV hasil pengukuran dalam keadaan rusak. Cara mengukurnya adalah dengan menggunakan multitester batas ukur 10K angka pada multitester akan bergerak naik dan turun/ sangat sedikit pergerakan jarum karena nilai capasitor yang 18nF/2KV
  3. Playback output HV yaitu pada kop karet kita ukur hasilnya bagus/ tidak ada masalah. Pengukuran kita gunakan multitester yang sebelumnya sudah kita buang strum yang masih tersisa. Cara membuangnya dengan menggunakan ground dari tabung itu sendiri sebagai media kita gunakan kabel dan obeng Min.

Karena sudah jelas letak kerusakan kini kita siapkan komponen pengganti dan memasangkannya pada mainboard televisi-nya. Posisi capasitor bisa kita lihat pada gambar berikut:



Capasitor yang kita maksud adalah dengan tanda lingkaran warna hitam, Untuk transistor pengganti kita menggunakan type 2SD2580 dalam gambar juga bisa lihat. Sekarang saatnya mencoba kembali hidupkan televisi ? Hasilnya Alhamdulillah televisi LG sudah kembali hidup.

sumber: https://www.hamimservis.com/televisi-lg-21fu2ad-mati-total/






Baca juga:

Komentar

  1. Tv saya lg ultra slim 21 inch gambarnya makin lama makin gelap pada hal sudah diganti playback ya tetap juga seperti semulah komponen mana lagi yang rusak ...tolong pencerahannya.....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerusakan Tv Tabung LG Disebabkan Ada Nilai Resistor yang Molor

Kumpulan Solusi Perbaikan Tv LCD/LED LG dengan Cara Jumper Tegangan